Unika Santu paulus ruteng

Unika Santu Paulus Ruteng Resmi Mendapat Izin Pembukaan Prodi Peternakan

Foto: Kampus Unika Santu Paulus Ruteng (Sumber: Dok Arka Dewa)

UNIKA Santu Paulus Ruteng-Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mendapat Izin Pembukaan Program Studi (Prodi) Peternakan dariMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Izin Pembukaan Program Studi Peternakan Program Sarjana pada Unika Santu Paulus Ruteng tertuang dalam Surat Keputusan Kemendikbud Ristek nomor 242/E/0/2021 yang diterima Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Jumat (09/07/2021) pagi.  

“Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 242/E/0/2021 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Peternakan Program Sarjana Pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng di Kabupaten Manggarai yang diselenggarakan oleh Yayasan Santu Paulus Ruteng,” demikian penggalan bunyi pada surat keputusan yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 10 Juni 2021.

Selanjutnya poin kesatu SK tersebut berbunyi, “memberikan izin pembukaan Program Studi Peternakan Program Sarjana pada Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng di Kabupaten Manggarai yang diselenggarakan oleh Yayasan Santu Paulus Ruteng di Kabupaten Manggarai,”

 “Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU (Program Studi  Pertenakan -Red) dinyatakan memenuhi persyaratan minimum akreditasi,” demikian bunyi kedua pada SK tersebut.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, meyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek  yang telah memberikan kepercayaan kepada Unika Santu Paulus Ruteng untuk menyelenggarakan Program Studi Peternakan Program Sarjana, dan juga kepada LLDIkti XV yang telah mendukung dan memfasilitasi Unika Santu Paulus Ruteng dalam proses pengusulan pembukaan prodi ini.

“Atas nama civitas Akademika Unika Santu Paulus Ruteng, saya mengucapakan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek  yang telah memberikan  ruang dan kepercayaan kepada Unika untuk membuka prodi Peternakan. Kepada LLDikti Wilayah XV juga, saya mengucapkkan trima kasih, dan kepada panitia kerja pengusulan prodi baru Unika Santu Paulus Ruteng,” ungkap Rektor yang biasa disapa Romo Jhon, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Jumaat (9/7/2021)

Romo Jhon menambahkan, bahwa kepercayaan ini adalah adalah tanggung jawab yang harus dijalani dengan sungguh-sungguh.

“Ini adalah sebuah kepercayaan yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab”, terang Romo Jhon.

Romo Jhon mengungkapkan, pembukaan berbagai macam program Studi di Unika Santu Paulus Ruteng  adalah bentuk kepedulian  kepada masyarakat. Dengan banyaknya program studi yang tersedia, masyarakat Manggarai dapat menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang dengan baik.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab dan keterlibatan kampus untuk ikut membangun Manggarai. Unika berkomitmen terus memberikan  yang terbaik untuk Manggarai sesuai dengan Visi dan Misi Unika Santu Paulus Ruteng, dengan tetap memerhatikan perubahan-perubahan yang terjadi,” lanjut Romo Jhon.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum, mengungkapkan rasa bangga  dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam pengusulan prodi ini.

“Senang dan bangga, Unika Santu Paulus Ruteng kembali mendapat izin resmi penambahan Prodi baru. Terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam pengusulan ini,” ungkap Fransiska saat ditemui di ruang kerjanya.

Fransiska menambahkan, dibukanya prodi Peternakan ini menjadi hal yang baik  dan bentuk tanggung jawab dalam memajukan NTT umumnya, dan Manggarai khususnya, dalam pendidikan, pertanian, kesehatan dan peternakan.

Terkait penerimaan mahasiswa baru prodi Peternakan, Fransiska menjelaskan, mulai hari ini (9/7/2021) langsung dibuka penerimaan mahasiwa baru.

“Sejak hari ini, penerimaan mahasiswa baru prodi peternekan dilayani. Pendaftaran dilakukan secara online, sebagaimana yang dilakukan pada prodi lain.”

Namun, Kata Fransiska, bagi calon mahasiswa baru prodi peternakan yang mengalamai kesulitan saat pendaftaran online, dapat melakukan pendaftaran secala offline, dengan tetap mengikuti protokol kesehatann.

Secara terpisah, Wakil Rektor II, sekaligus Ketua Pelaksana Pengusulan Pembukaan Prodi Baru  Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Marsel Ruben Payong, M.Pd., mengungkapkan, Prodi Peternakan (S1) UNIKA St. Paulus Ruteng merupakan jawaban terhadap kebutuhan SDM untuk bidang peternakan di wilayah Manggarai Raya, maupun juga di NTT.

“NTT adalah salah satu daerah yang masuk dalam Koridor Ekonomi 5 (Bali Nusa Tenggara) yang salah satu sektor ekonomi unggulan menurut Masterplan Pembagunan Ekonomi Kawasan adaah pertanian dan peternakan,” ungkap Dr. Marsel melalui pesan Whattsap.

Dr. Marsel menambahkan, kehadiran prodi peternakan diharapkan dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru di bidang peternakan sehingga dapat menghasilkan produk-produk peternakan baik ternak besar, ternak kecil maupun unggas untuk kebutuhan di NTT maupun juga nasional.

Untuk diketahui, bahwa saat ini, Kampus yang terakreditas B tersebut menyelenggarakan 12 Program studi, yaitu:

  1. Program Studi Pendidikan Teologi (S-1) Terakreditasi A
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1) Terakreditasi B
  3. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S-1) Terakreditasi B
  4. Program Studi Pendidikan Matematika (S-1) Terakreditasi B
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1) Terakreditasi B
  6. Program Studi Pendidikan Guru PAUD (S-1) Terakreditasi C (Sedang dipersiapkan untuk reakreditasi)
  7. Program Studi Keperawatan (S-1) Terakreditasi B
  8. Program Studi Kebidanan (D-3) Terakreditasi B
  9. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (S-1) (Sedang dipersiapkan untuk Akreditasi)
  10. Program Studi Agronomi (S-1) (Sedang dipersiapkan untuk Akreditasi)
  11. Program Studi Profesi Ners (Sedang dipersiapkan untuk Akreditasi).
  12. Program Studi Peternakan Program Sarjana
x

Check Also

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unika Santu Paulus Kembangkan Model Pembelajaran Enterpreneursip in Tourism

Foto: Profesor Anita Lie saat menyapaikann materi “ Developing Enterpreneurship in Tourism Course Design” Ruteng, ...