Unika Santu paulus ruteng

Unika Santu Paulus Ruteng Serahkan Kamus Indonesia-Manggarai ke Bupati Manggarai

Unika Santu Paulus Ruteng. Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia – Manggarai dari Unika Santu Paulus Ruteng menemui Bupati Manggarai pada Jumat (18/10). Dalam kesempatan audiensi di ruang kerja Bupati Manggarai itu, tim Penyusun Kamus dari Unika yang diwakili oleh Dr. Yohanes S. Lon,  M.A. dan Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum menyerahkan Kamus Bahasa Indonesia-Manggarai kepada Bupati Manggarai.

Dr. Yohanes S. Lon, M.A. menyerahkan Kamus Baha Indonesia-Manggarai kepada Bupati Manggarai (18/10)

Bupati Manggarai, Dr. Kamelus Deno, S.H.M.H mengapresiasi penyusunan dan penerbitan Kamus ini sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan budaya  lokal.  Ia berharap kampus terus memainkan perannya sebagai pelopor dalam melestarikan dan mengembangan budaya lokal. Bupati Manggarai sendiri diketahui menjadi salah seorang yang memberikan pengantar dalam kamus ini . “Saya berterima kasih dan sangat mengapresiasi kerja tim dari Unika ini. Bagi saya ini adalah wujud kontribusi nyata kampus terhadap pengembangan budaya, khususnya bahasa lokal”, ujar mantan dosen dan akademisi itu.

Cover Kamus Bahasa Indonesia – Manggarai yang Diterbitkan oleh Penerbit Kanisius

Menurut salah satu anggota tim penyusun kamus ini,  Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum, Kamus Bahasa Indonesia Manggarai ini merupakan hasil kolaborasi tim dosen-pegawai Unika Santu Paulus Ruteng dengan sejumlah tokoh adat atau tokoh masyarakat Manggarai. Penyusunan kamus ini melibatkan 16 orang tim penyusun dan tim teknis yang terdiri dari 12 orang dosen pegawai Unika Santu Paulus Ruteng, dan 4 orang tokoh adat/ tokoh masyarakat Manggarai. Kamus setebal 454 halaman itu diterbitkan oleh Penerbit Kanisius Yogyakarta. “Kamus ini disusun tim internal dan eksternal kampus. Kamus ini khusus edisi Bahasa Indonesia-Manggarai. Sesungguhnya sudah ada kamus yang lain yang pernah ditulis oleh Verheijen.  Namun itu sudah lama sekali. Sementara bahasa terus berkembang. Penerbitnya Kanisius Yogyakarta” demikian Widyawati dalam penjelasannya. (Adm/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Jelang Liburan Nataru, Rektor Unika Ruteng Sampaikan Pesan Natal Tahun 2023

Ruteng, Unika Santu Paulus – Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyampaikan Pesan ...