Unika Santu paulus ruteng

Webinar Dosen PG-PAUD: Kurikulum Bermuatan Karakteristik Lokal di PAUD, Mengenalkan Kearifan Lokal Sejak Usia Dini

Foto: Tangkapan Layar jalannya Webinar Dosen PG PAUD, Sabtu (11/09/2021)

Ruteng, Unika Santu Paulus  – Mengawali semester baru tahun ajaran 2021/2022, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PG PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengadakan Webinar Ilmiah Program Studi dengan tema “Pengembangan dan Penerapan KTSP di PAUD” dengan menggunakan zoom meeting dan live youtube pada tanggal 11 September 2021. Ketua Prodi PG PAUD, Fransiskus De Gomes, S.Fil.,M.Pd mengemukakan bahwa momen ini adalah awal yang baik dalam mengawali semester kali ini. Tema seminar kali ini sangat relevan  dan aktual untuk konteks lokal kita karena masih banyak Satuan PAUD yang belum menyusun KTSP sendiri sesuai pedoman penyusunan KTSP dan mengandung muatan budaya lokal.

Sementara Ketua Panitia Webinar, Beata Palmin, M.Pd menambahkan bahwa seminar ini sangat menjawab tuntutan adanya inovasi bagi guru PAUD dalam mengembangkan karakteristik budaya lokal dalam KTSP PAUD.

Narasumber Theresia Alviani Sum, M.Pd dalam pemaparan materinya mengemukakan bahwa “Sebagian besar Satuan PAUD belum memprogramkan pengenalan budaya lokal dalam kurikulum dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran”.

Hal senada juga disampaikan saat pemaparan materi dari narasumber Adriani Tamo Ina Talu, M.Pd bahwa mayoritas Satuan PAUD yang ada di NTT dan kabupaten Manggarai pada khususnya belum memiliki kurikulum muatan lokal”. 

Sedangkan Narasumber Petrus redy Partus Jaya, S.Fil., M.Pd menyatakan bahwa agar KTSP yang dikembangkan terlebih dahulu dibuat analisis konteks untuk mempelajari dan menganalisis dokumen perundang-undangan, kondisi, peluang, dan tantangan yang terkait dengan peserta didik, pendidik, sarana, prasarana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta program yang akan dilakukan.

Seminar ilmiah ini diharapkan dapat menambah pemahaman mahasiswa prodi PG PAUD mengenai penyusunan KTSP di PAUD, sehingga menjadi desainer kurikulum yang berkompeten saat sudah menjadi guru PAUD yang sebenarnya.

x

Check Also

Dukung Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Libatkan International Web Developer

Foto: Suzana Praskalo, seorang profesianal Web Developer dari Slovenia sebagai pemateri dalam kegiatan Prodi PBI ...