Unika Santu paulus ruteng

Workshop-Coaching Clinic Proposal Penelitian & PkM, Unika Ruteng Hadirkan Narasumber Bereputasi Tinggi

Foto: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng saat membawakan sambutan dan membuka Workshop-Coaching Clinic Proposal Penelitian & PkM, Jumat (16/09/2022)

Ruteng, Unika Santu Paulus – Universitas  Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengadakan Workshop dan Coaching Clinic Proposal Penelitian & PKM Hibah DRPM Pembiayaan Tahun 2022. Kegiatan yang dijalankan secara luring dan daring ini  dibuka pada hari Jumad, 16 Septermber 2022   dan ditutup pada hari Senin 19 September 2022. Narasumber kegiatan Workshop dan Coaching Clinic ini adalah adalah Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto, Sc.,Agr. Para peserta kegiatan hadir secara offline sedangkan nara sumber menyajikan materinya secara online melalui platform media zoom meeting. Nara sumber dalam kegiatan ini memiliki reputasi yang tinggi dalam hal hibah penelitian, PKM dan Maching Fund, baik nasional maupun internasional. Bahkan, beliau sudah sering memenangi hibah yang nilai dananya mencapai 3 miliar rupiah.

Kegiatan Workshop dan Coaching Clinic yang didanai dari hibah PKKM ini dimulai dengan laporan ketua palaksana dan dilanjutkan dengan sambutan   Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A yang secara resmi mambuka kegiatannya.

Foto: Peserta saat mengikuti Workshop-Coaching Clinic Proposal Penelitian & PkM, Jumat (16/09/2022)

Dalam laporannya, Dr. Maximus Tamur, M.Pd sebagai ketua pelaksana dan Koordinator ISS-MBKM menyampaikan tujuan kegiatan ini.  “Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah  memfasilitasi para dosen UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk merancang tema penelitian dan PkM yang relevan dengan kebutuhan mitra baik di Satuan Pendidikan, Lembaga Pemerintahan, maupun masyarakat;   Membantu dosen dan mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk merancang Proposal Penelitian dan PkM yang dapat diikutkan pada Hibah Kemendikbud;   Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi mahasiswa pada jurnal bereputasi;   dan Mempersiapkan para dosen untuk menjadi fasilitator dalam Aktivitas Merdeka Belajar-Kampus Merdeka khususnya terkait Penelitian dan PkM yang berkolaborasi dengan mahasiswa,” urainya

Sementara itu,  dalam sambutan pembukaan, Rektor  Unika Santu Paulus Ruteng Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A menginstruksikan kepada para dosen untuk memanfaatkan keilmuan nara sumber, dan jadikan forum ini sebagai ajang bertanya berkaitan dengan penyusunan proposal penelitian dan PkM sehingga berpotensi memenangi hibah dari kementerian. “Pada saat kampus kami berada di kluster binaan, banyak dosen-dosen kami yang memenangi hibah dari skema dosen pemula, namun pada saat kluster kami menjadi madya, kami kesulitan menangi hibah dalam 2 tahun terkahir,’ ungkap Prof. John

Selanjutnya dalam pemaparan materi, Prof Dr. Didik Sulistyanto memulai dengan menyampaikan pengelompokan Kluster Perguruan Tinggi dibagi empat yaitu kelompok mandiri, kelompok utama, kelompok madya kelompok binaan.

“Pengelompokan ini mempunyai konsekuensi terhadap hak dan kewajiban PT dalam pengelolaan penelitian, termasuk hak mendapatkan alokasi pendanaan sesuai status. Narasumber juga menjelaskan bahwa pentingnya mengupdate profil sinta karena dalam penilaian proposal 40% dari profil Sinta, dan 60% dari substansi proposal,” paparnya.

Setelah narasumber menyampaikan materinya, kegiatan  dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga akan dilakukan bedah proposal dosen yang telah dikirim ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katoli Indonesia Santu Paulus Ruteng.

x

Check Also

Prodi Agronomi Unika Ruteng Gelar Pembekalan Mahasiswa PKL Tahun 2022

Foto: Mahasiswa Angkatan Perdana Program Studi Agronomi FPP St. Paulus Ruteng usai Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan ...